RAPOR SISWA ASESMEN BAKAT DAN MINAT(ABM) PUSMENDIK TAHUN 2024
Apa itu ABM?
ABM adalah asesmen yang diselenggarakan oleh Pusmendik untuk mengukur potensi atau memprediksi kemampuan siswa pada bidang-bidang khusus (verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanika, penggunaan bahasa, dan klerikal) serta untuk mengetahui minatnya berdasarkan ketertarikan pada jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu.
Bakat adalah potensi bawaan untuk mudah/cepat menguasai pengetahuan atau keterampilan tertentu. Bakat dapat berkembang apabila mendapatkan stimulasi yang tepat dari lingkungan misalnya dengan latihan.
Minat adalah ketertarikan/ keinginan untuk menekuni/ melibatkan diri dalam kegiatan/ bidang tertentu.
Tujuan, Manfaat, dan Ruang Lingkup
Tujuan
Memberikan informasi ke satuan pendidikan mengenai potensi siswapada bidang-bidang khusus dan kesesuaian dengan minatnya.
Manfaat
Memprediksi kemampuan seseorang jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru.
Ruang Lingkup
Pelayanan ABM ditawarkan untuk siswa SMP, MTs, SMPK, SMPTK, dan MWP kelas IX di Indonesia.
PANDUAN PEMAKNAAN ABM 2024
Mengapa Penting Mengetahui Bakat dan Minat Siswa?
Bakat dan minat merupakan hal penting yang perlu diketahui karena akan berdampak positif terhadap prestasi, motivasi, dan perkembangan pribadi siswa. Dengan memahami bakat dan minat, siswa dapat memaksimalkan potensinya serta memperoleh informasi dalam menentukan pemilihan jurusan pada jenjang pendidikan selanjutnya. Selain itu, guru, orangtua, dan sekolah dapat membantu menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna sesuai bakat dan minat siswa. Berikut ini manfaat memahami bakat dan minat siswa bagi guru, orang tua, dan siswa:
1. Memiliki dasar dalam mengembangkan potensi siswa Informasi mengenai bakat dan minat siswa dapat menjadi salah satu acuan bagi guru dalam mengembangkan potensi siswa sesuai dengan bakat dan minatnya. Hal ini memungkinkan guru membuat rencana pengembangan potensi yang beragam, sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa.
2. Mendukung siswa dalam memperoleh pengalaman belajar yang lebih bermakna Ketika pengajaran disesuaikan dengan bakat dan minat siswa, pengalaman belajar menjadi lebih bermakna bagi mereka. Hal ini membuat siswa lebih terlibat dalam pembelajaran dan membantu menghindari kebosanan atau kebingungan yang dapat terjadi jika materi tidak relevan dengan minat mereka.
3. Meningkatkan kepercayaan diri dan kepuasan belajar Saat siswa berhasil dalam bidang yang mereka minati atau memiliki bakat pada bidang tersebut, mereka cenderung merasa lebih percaya diri dan puas dengan pencapaian mereka. Hal ini juga dapat berdampak positif pada motivasi dan kemandirian belajar mereka.
4. Pemilihan jurusan yang sesuai Mengetahui bakat dan minat siswa dapat membantu mereka dalam memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan potensi mereka. Hal ini dapat mengurangi risiko mengalami kegagalan atau kekecewaan akibat salah memilih jurusan.
5. Penyelarasan dengan metode pengajaran yang tepat Guru dapat menggunakan pemahaman tentang bakat dan minat siswa untuk merancang metode pengajaran yang sesuai. Hal ini dapat mencakup penggunaan berbagai strategi pengajaran yang berbeda untuk memfasilitasi siswa dengan berbagai bakat dan minat.
6. Meningkatkan motivasi belajar siswa Ketika siswa tertarik pada suatu hal atau memiliki bakat tertentu, mereka cenderung lebih termotivasi dan bersemangat dalam mempelajari dan mengembangkan kemampuan mereka di bidang tersebut. Dengan demikian, siswa menjadi lebih gigih dalam menjalani proses pembelajaran.
Detail selengkapnya silahkan klik dokumen di bawah ini :
RAPOR ABM SISWA KELAS IX TAHUN PELAJARAN 2023/2024 SMP NEGERI 1 PELEPAT ILIR
Untuk melihat Rapor ABM Ananda silahkan klik tulisan download di bawah ini :
DOKUMENTASI PELAKSANAAN ABM 2024
Komentari Tulisan Ini
Kepala Sekolah
Dyah Ayu Sapto Rini, S.Pd
Bismillahirohmanirrohim Assalamu alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh Puji syukur kehadirat Allah yang Maha Rahman dan Rahim, karena atas izinnya maka web SMP…