Monday - Saturday, 8AM to 10PM
Call us now 07477326064 / WA : 081367261371

PROFIL ADIWIYATA

 PROFIL ADIWIYATA

SMPN 1 PELEPAT ILIR




cuplikan kegiatan siswa  

 

A. KONDISI SEKOLAH

SMP Negeri 1 Pelepat Ilir  yang berdiri sejak tahun 1986 yang terletak di 49 Km ke arah timur dari kota Muara Bungo,  menjadi tumpuan harapan masyarakat dalam menciptakan generasi muda yang berkualitas. Letak geografis SMP Negeri 1 Pelepat Ilir  berbatasan dengan Kecamatan Pelepat, kabupaten Bungo, diharapkan mampu bersaing dengan SMP Negeri maupun SMP/ MTs swasta yang lainya.

Sebagian besar siswanya 60% berasal dari desa Purwasari, 30 % berasal dari desa Sumber Harapan dan sisanya berasal dari desa yang berdekatan dalam satu wilayah Kecamatan Pelepat Ilir. Kondisi sosial ekonomi masyarakat ( orangtua siswa ) sebagian besar dari kalangan masyarakat menengah ke atas antara lain buruh tani, buruh pabrik, pedagang dan sebagian kecil PNS. Kepedulian masyarakat terhadap sekolah cukup baik karena satusatunya sekolah negeri yang ada di desa, namun kontribusi terhadap perkembangan pendidikan / sekolah belum seperti yang diharapkan.

 

Profil SMPN 1 Pelepat Ilir adalah sebagai berikut:

1.    Nama Sekolah       

 

: SMP Negeri 1 Pelepat Ilir

2.    Alamat                  

 

       Jalan                      

 

: Jln. Batanghari, Desa Purwasari

       Kecamatan            

 

: Pelepat Ilir

       Kab / Kota             

 

: Bungo

       Provinsi                 

 

: Jambi

3.    No Telp/ HP          

 

: 0747-7326064 / 081366168730

4 .   NSS /NSM/NDS  

 

: 201100208013

5.    Akreditasi             

 

: A (88)

6.   Tahun didirikan     

 

: 1982

7.   Tahun Beroperasi 

 

: 1984

8.   Kepemilikan Tanah

 

: Milik Pemerintah 

      a. Status tanah        

 

: SHM

      b. Luas tanah          

 

: 8.370  m2 

9.   Status Bangunan Milik

 

: Pemerintah

      a. Surat izin bangunan

 

: No. 0886/0/986

      b. Luas Seluruh bangunan

: 4.828 m2

 

 

B. VISI , INDIKATOR, MISI  SMP NEGERI 1 PELEPAT ILIR

  1. Visi 

" Menjadikan Sekolah Yang Berkualitas Dengan Wawasan Iptek, Dan Berlandaskan

Imtaq Serta Lingkungan Sekolah Yang Bersih Indah dan Asri (Bersinar) ”                                

 

Indikator                                                                                                                         :

*   Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing secara Global 

  • Ta'at Beribadah dan memiliki akhlak yang mulia
  • Disiplin dan menghargai waktu
  • Terampil dalam kegiatan olah raga dan seni
  • Sehat jasmani maupun rohani
  • Memiliki lingkungan Sekolah yang Kondusif
  1. Misi 
  • Melaksanakan proses pembelajaran dan bimbingan secara propesional, efektif, efisien, dan berwawasan iptek sehingga terbentuknya siswa yang berkualitas dan memiliki daya saing dalam melanjutkan ke sekolah yang favorit
  • Membimbing siswa dalam menumbuh kembangkan penghayatan terhadap ajaran agama masing-masing sehingga memiliki budi pekerti yang luhur dan memiliki rasa sosial yang tinggi
  • Mengarahkan siswa menghargai waktu dengan melaksanakan proses pembelajaran tepat waktu
  • Mengembangkan potensi, bakat, dan minat siswa dalam olah raga maupun seni melalui kegiatan ekstra kulikuler dan pengembangan diri
  • Menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat serta gemar berolah raga kepada seluruh warga sekolah dengan membudayakan kerja bakti dan senam kesegaran jasmani baik secara individu maupun kelompok/ bersama
  • Menumbuhkan rasa kepedulian dalam menjaga dan memelihara lingkungan sekolah kepada seluruh warga sekolah sehingga terwujudnya sekolah yang aman, nyaman, bersih dan asri
  • Menanamkan rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap sekolah kepada seluruh warga sekolah

 

C. KONDISI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT SEKITAR

SMPN 1 Pelepat Ilir merupakan sebuah sekolah negeri yang berada di daerah perkebunan sawit di Kabupaten Bungo, Propinsi Jambi. Berlokasi di jantung kecamatan Pelepat Ilir, membuat SMPN 1 Pelepat Ilir terletak di tempat yang strategis dan mudah dijangkau. Salah satu kelemahan lokasi SMPN 1 Pelepat Ilir adalah bersebelahan dengan pasar induk kecamatan yaitu pasar SPA. Riuh rendah suara dari pasar bias terdengar sampai lokasi sekolah, terlebih suara pedagang kaset yang letaknya berseberangan dengan lokasi sekolah.  

SMPN 1 Pelepat Ilir menempati lahan seluas 4.828 m2, dengan jumlah bangunan kelas sebanyak 18 rombel, ruang kepala sekolah, ruang Tata Usaha, ruang guru, perpustakaan, laboratorium IPA, Mushola, Aula, laboratorium TIK 2 ruang, UKS, ruang drumb band, ruang baju, ruang ketrampilan, ruang pantry, ruang repro, kantin kejujuran dan kamar mandi sebanyak 12 ruang. 

Keadaan lingkungan sekolah SMPN 1 Pelepat Ilir sudah tertata rapi dengan beberapa jenis tanaman hias dan tanaman produktif yang menghiasi lingkungan sekolah. SMPN 1 Pelepat Ilir mendapatkan predikat Adiwiyata Nasional pada tahun 2016. Pada tahun 2017, SMPN 1 Pelepat Ilir mendapat bantuan revitalisasi gedung yang menyebabkan beberapa tanaman harus ditebang, hal ini tentu saja membuat kondisi sekolah sedikit gersang, sehingga diperlukan adanya penanaman ulang dan penataan tanaman di lingkungan sekolah.

 

D. KONDISI SISWA DAN WALI MURID

Siswa dan Wali Murid mempunyai peranan penting dalam mendukung program sekolah, salah satunya yaitu program adiwiyata. Dukungan dari siswa dan wali murid terwujud dengan adanya peran serta  secara langsung diantaranya : dalam pengadaan pembibitan tanaman, dalam menyediaan media tanam berupa kompos, dalam pengadaan pot tanaman dari barang bekas dan pembibitan.

Saat ini jumlah siswa siswi SMPN 1 Pelepat Ilir 514 yang terdiri dari 241 peserta didik laki-laki dan 273 peserta didik perempuan. Siswa terbanyak berasal dari kelurahan Purwasari, dimana SMPN 1 Pelepat Ilir berlokasi, sebagian kecil berasal dari unit (kelurahan) di sekitar Purwasari. Latar belakang wali murid berasal dari sebagian besar petani sawit, pedagang, pegawai pabrik sawit dan PNS.

 

E. KEBIJAKAN PENGHEMATAN AIR DAN LISTRIK

  1. Kebijakan Pengurangan pengunaan listrik

Penghematan penggunaan listrik melalui himbaun berupa poster ajakan dan himbauan langsung kepada seluruh warga sekolah. Himbauan disosialisasikan kepada majlis guru dalam setiap kegiatan rapat guru setiap bulan agar menghemat pengunaan listrik dikelas, lampu kelas hanya digunakan apabila cuaca gelap atau hujan, jika tidak diperlukan lampu lebih baik tidak dihidupkan. Dan setiap pulang sekolah siswa piket diwajibkan melihat lampu dan air apakah sudah dimatikan atau belum. Pengunaan listrik mulai berangsur turun dengan kebijakan tersebut. Tabel Penggunaan Listrik SMPN 1 Pelepat Ilir tahun 2018 :

NO

BULAN

BESAR BIAYA LISTRIK

KET

1

JANUARI

Rp 408.732,-

 

2

FEBRUARI

Rp 456.900,-

 

3

MARET

RP 389.650,-

 

4

APRIL

Rp 395.912,-

 

5

MEI

Rp 401.764,-

 

6

JUNI

Rp 324.448,-

 

7

JULI

Rp 317.328,-

 

8

AGUSTUS

Rp 548.000,-

 

9

SEPTEMBER

Rp 401.076,-

 

10

OKTOBER

Rp 498.067,-

 

11

NOVEMBER

Rp 455.372,-

 

12

DESEMBER

Rp 327.045,-

  1. Kebijakan Pengurangan pengunaan Air

Pengunaan air memang dirasa sangat besar dikarnakan semakin hijaunya sekolah banyaknya bunga taman yang ada disekolah semakin banyak air yang digunakan untuk meniram tanaman dan membersihkan sekolah, Siswa yang piket mengunakan air untuk membersihkan lantai dan siswa yang piket setiap pagi harus menyiram tanaman didepan kelas dan pekarangan sekolah, Hal rutin yang dilakukan setip hari mengakibatkan besarnya pengunaan air PDAM yang harus dibayar. Sekolah melakukan gebrakan dengan membangun sumur galian dan tedmon untuk sekolah dengan mengunakan mesin air yang mengunakan arus listrik untuk mengalirkan air dirasa sangat mengurangi pembayaran air PDAM sekolah. Kebijakan penghematan air disosialisasikan kepada seluruh warga sekolah melalui poster dan himbauan langsung, untuk mematikan kran yang sudah tidak terpakai baik di kamar mandi, tempat wudhu atau tempat cuci tangan. 



STRATEGI MENCAPAI SUKSES MELALUI  BEBERAPA PROGRAM UNGGULAN ADIWIYATA SMPN 1 PELEPAT ILIR

  1. Penerapan 3 R Menjadi Karya Siswa-Siswi Smpn 1 Pelepat Ilir Pemanfaatan barang-barang bekas yang diubah menjadi hasil karya diterapkan melalui pelajaran prakarya dan seni budaya.

Komentari Tulisan Ini
Kepala Sekolah
Dyah Ayu Sapto Rini, S.Pd

Bismillahirohmanirrohim Assalamu alaikum  Warrahmatullahi Wabarakatuh Puji syukur kehadirat Allah yang Maha Rahman dan Rahim, karena atas izinnya maka web SMP…

Iklan
Bloger Spensa Petir kangen water spensa